Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NUR CHOLIMATUS SYADIAH (STUDENT ID : 15030184044)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:38:42
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan berpikiranalitis siswa dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini merupakanjenis penelitian pre experimentaldengan desain one group pretest posttest.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Driyorejo yangterdiri dari enam kelas IPA. Dari enam kelas kemudian dipilih tiga kelasyaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas implementasi.Kelas X IPA 2 dan X IPA 3 sebagai kelasreplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan, tes, dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peningkatan keterampilanberpikir analitis terdiri dari uji-t berpasangan, n-gain, dan analisis varians serta analisis angket respon. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilanberpikir analitis siswa meningkat secara signifikan di ketiga kelas.Peningkatan dalam kategori sedang yaitu kelas X IPA 2 dengan n-gain 0,64 dan kelas X IPA 3 dengan n-gain 0,60 serta dalam kategori tinggidi kelas X IPA 4 dengan n-gain 0,70.Peningkatan keterampilan berpikir analitis konsisten di ketiga kelas. 2)Kegiatan pembelajaran melalui model guidedinquiry pada materi Hukum Newton tentang gerak mendapat respon sangat baikdi kelas X IPA 2 dan X IPA 4 serta mendapat respon baik di kelas X IPA 3.Kata kunci : Guided Inquiry, keterampilan berpikiranalitis.