DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN EBOOK HIGH ORDER THINKING SKILLS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
FATKHUL IKHSAN (STUDENT ID : 15030184060)
(LECTURER ID : 0023057702)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:42:49 
Abstract :
ABSTRAK Pendidikanmerupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Dalam lingkup pendidikan erat kaitannya dengan kurikulum, dimana kurikulum saatini mencanangkan peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi(HOTS). Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru matapelajaran fisika SMA, mengatakan bahwa kemampuan berpikir peserta didikdipengaruhi oleh stimulus yang diberikan, artinya peserta didik akan memilikikemampuan berpikir tingkat tinggi jika stimulus yang diberikan sesuai dengankondisi dan keinginan yang ada pada peserta didik, namun peserta didik akanmemiliki kemampuan berpikir tingkat rendah jika stimulus yang diberikan tidaksesuai dengan kondisi dan keinginan pada peserta didik. Lanjut menurut guru diSMA, peserta didik cenderung lebih suka mencari sumber informasi melalui gadgetdari pada buku cetak yang ada, namun belum ada media pembelajaran ebook yangmemadukan antara suara, gambar, animasi maupun video yang digunakan untukmeningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik. Dari infomasi diatas, maka peneliti memberikan alternatif solusi berupa pengembangan ebook highorder thinking skils untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi peserta didikkelas X pada materi impuls dan momentum dengan tujuan untuk menghasilkan ebookyang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektivitasannya. Ebookdikatakan layak apabila persentasenya 61%. Penelitian ini merupakan jenispenelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data berupalembar validasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan ebook, lembarpengamatan untuk mengetahui kepraktisan dan penilaian tes untuk mengetahui keefektifan.Terdapat 28 peserta didik kelas X sebagai sasaran penelitian. Dari hasilpenilaian dinyatakan bahwa ebook yang dikembangkan layak digunakan sebagaimedia pembelajaran yang ditinjau berdasarkan validitas, kepraktisan,dankeefektifannya. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya