DETAIL DOCUMENT
PROFIL KOMPETENSI STRATEGIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKADITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
siti utari widyanti (STUDENT ID : 16030174089)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:43:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanprofil kompetensi strategis siswa yang bergaya belajar visual, auditorial, dankinestetik dalam memecahkan masalah matematika. Terdapat tiga subjek, satubergaya belajar visual, satu bergaya belajar auditorial, satu bergaya belajarkinestetik, yang dipilih dari siswa kelas XI IPA dengan kriteriakemampuan matematika tinggi, komunikasi yang baik, dan berjenis kelamin sama. Instrumenpendukung yang digunakan, yaitu tes gaya belajar VAK, tes kemampuan matematika,tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Dari hasil tersebutdiperoleh deskripsi profil siswa visual, siswa auditorial, dan siswa kinestetikdalam memilih dan menerapkan strategi saat memformulasikan, merepresentasikan,serta memecahkan masalah sebagai berikut: (1) siswa visual membaca dalam hati,membayangkan, dan menggambar untuk memahami masalah; menyebutkan informasi yangdiketahui dan ditanya secara verbal dengan bantuan gambar; menggunakan gambardan simbol untuk merepresentasikan masalah; mengamati, menganalisis dan memecahgambar untuk menemukan konsep serta rumus yang relevan; memecahkan masalah menggunakankonsep dan rumus tersebut. (2) Siswa auditorial membaca dengan suara lirih danmenggambar untuk memahami masalah; menyebutkan informasi yang diketahui danditanya secara verbal serta tulisan; menggunakan gambar dan simbol untuk merepresentasikanmasalah; mengamati gambar dan mengingat kembali pengetahuan yang dimiliki untukmenemukan konsep serta rumus yang relevan; memecahkan masalah menggunakankonsep dan rumus tersebut. (3) Siswa kinestetik membaca dalam hati sambilmenggambar untuk memahami masalah; menyebutkan informasi yang diketahui danditanya secara verbal disertai isyarat tubuh; menggunakan gambar dan simbol untukmerepresentasikan masalah; mengamati, menganalisis, dan memecah gambar untukmenemukan konsep serta rumus yang relevan; memecahkan masalah menggunakan konsepdan rumus tersebut; memeriksa secara acak untuk memeriksa kembali penyelesaianmasalah. Hasil penelitian ini penting sebagai informasi untuk guru matematikamengenai kompetensi strategis siswa yang bergaya belajar visual, auditorial,dan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika. Dari informasi tersebut diharapkanguru matematika mampu mendesain pembelajaran yang dapat memfasilitasi semuasiswa dalam mengembangkan kompetensi strategisnya.KataKunci: kompetensi strategis,gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gayabelajar kinestetik 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya