DETAIL DOCUMENT
KUALITAS LAYANAN GO ONLINE SEBAGAI BENTUK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PEMBINAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DANMENENGAH DI RUMAH BUMN BANK MANDIRI SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DEA PRALISTYA LINTANG PAMBAYUN (STUDENT ID : 16040674033)
(LECTURER ID : 0025108901)
Subject
Ilmu Sosial dan Hukum 
Datestamp
2022-12-23 14:46:30 
Abstract :
Go online merupakan levelpembinaan dari program Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya. Program ini digagasoleh Kementrian BUMN dan BUMN berkolaborasi dengan Bank Mandiri dalam membentukdigital economy ecosystem. Rumah BUMN akan diperankansebagai pusat data dan informasi serta pusat edukasi guna meningkatkan kapasitas dankapabilitas UMKM.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan secara mendalam terkait kualitaslayanan go online sebagai bentuk corporate social responsibilitypembinaan pelaku UMKM di Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya. Jenis penelitan menggunakan penelitian deskriptif denganpendekatan kualitatif. Fokus penelitian menurut Sinambela,dkk(2011:6) terpusat pada kualitas pelayanan prima diantaranya: transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif kesamaanhak, dan keseimbangan hak dan kewajiban.Tehnik pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, dan dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Rumah BUMNBank Mandiri Surabaya telah berusaha melakukan pelayanan sesuai dengan kualitaspelayanan prima. Transparansi, Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya telah terbukadalam hal informasi hingga perkembangan produk. Akuntabilitas, pertanggungjawabandilakukan secara berkala tiap bulannya berupa laporan tertulis dan monitoring.Kondisional, terbilang cukup afisien dan efektifdilihat dari puasnya UMKM binaan dengan pelayanan yang diberikan. Parsitipatif,baik UMKM maupun Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya telah dengan antusias dalammenjalankan program tersebut. Kesamaan Hak, pelayanan yang diberikan telah adil dan rata pada UMKM binandimana informasi dan pelayanan yang diberikan pun sama. Keseimbangan Hakdan Kewajiban, telah terpenuhinyatanggungjawab pada hak-hak UMKM dengan memperhatikan aspek keadilan antar UMKMperihal pembinaan.Kata kunci:Kualitas Pelayanan, CSR, Go online  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya