Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NUR INDAH SUKMAWATI (STUDENT ID : 18010684047)
(LECTURER ID : 0026088801)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2023-09-01 01:13:45
Abstract :
Revolusi industry 4.0 menuntut dunia pendidikanmelakukan penyesuaian. Pada Pendidikan anak usia dini, kesiapan anak merupakanfaktor penting dalam proses pembelajaran agar generasi mereka mampu bersaingsecara global demi menjawab tantangan abad 21. Namun hasil riset menunjukkanbahwa Pendidikan di Indonesia masih membutuhkan banyak ruang untuk perbaikan, khususnyapada pembelajaran matematika dan sains.. Guna mengatasi masalah tersebut adalahdengan memberikan pendekatan STEAM. Tujuan penelitian dengan pendekatan STEAM adalahuntuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, diantaranya keterampilanmemecahkan masalah dan berpikir kritis di TK Dewi Sartika Kecamatan MojoagungKabupaten Jombang. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatifmenggunakan desain quasi eksperimental dengan nonequivalent controlgroup design. Sampel yang digunakan adalah 56 anak berusia 5-6 tahun. Pengumpulandata dilakukan secara observasi dengan nilai pretest-posttest sebagai jumlahyang akan diuji. Dari uji besarnya pengaruh variabel didapatkan bahwa antaranilai pretest-posttest mengalami peningkatan sebanyak 14,43. Hal inimenunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis STEAM dapat digunakan sebagai stimulasiuntuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Anak Usia Dini.Kata kunci : STEAM, berpikir tingkat tinggi.