DETAIL DOCUMENT
Penerapan Self-DirectedLearning (SDL) dalam Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Daring PadaPokok Bahasan Hukum Newton
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Silvia Ayu Permatasari (STUDENT ID : 17030184096)
(LECTURER ID : 0002028201)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:46:53 
Abstract :
Saatini seluruh wilayah Indonesia sedang mengalami kondisi pandemi yang melandasegala bidang, termasuk bidang pendidikan. Sistem pendidikan yang biasanyatatap muka harus online, yang memaksasiswa dengan staf pengajar untuk melaksanakan proses pembelajaran dari rumah.Dengan pembelajaran berbasis online,guru dan siswa dapat memanfaatkan platformberbasis pembelajaran online, sepertiGoogle Classroom, untuk menerapkan Self-Directed Learning (SDL),dimana terdapat penyesuaian bentuk penelitian memakai metode Pra-eksperimen, dengan desainpenelitian one group pretest-posttest design. Artikelini bertujuan untuk mengaplikasikan Self-Directed Learning (SDL) dalampembelajaran fisika SMA berbasis onlinepada mata pelajaran Hukum Newton. Dalam melakukan analisis data menggunakanteknik analisis keterlaksanaan proses pembelajaran, uji normalitas, uji paired sample t-test, uji n-gain.Penerapan Self-Directed Learning (SDL)dinyatakan efektif jika nilai pada tes akhir (posttest) memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dengan nilai tesawal (pretest), serta terjadinyapeningkatan dari hasil penerapanSelf-Directed Learning (SDL) yang ditunjukan dari uji n-gain dengankategori tinggi. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu hasil penerapan Self-DirectedLearning (SDL) dapat dilakukan secara praktis dan dikategorikan sangat baik. Penerapan SDL mampu meningkatkan kemampuan kognitif siwa dalampembelajaran fisika berbasis online untukmateri Hukum Newton. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya