DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Hasil Belajar PJOK (Studi Kasus SMP N 1 Krian Sidoarjo)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AGUS SETIAWAN (STUDENT ID : 147805070)
(LECTURER ID : 0008127605)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:41:54 
Abstract :
Hubungan KecerdasanIntelektual Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Hasil Belajar PJOK(StudiKasus SMP N 1 Krian Sidoarjo)ABSTRAKAGUSSETIAWANHUBUNGANKECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK(StudiKasus SMP N 1 Krian Sidoarjo)Latar Belakang. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam suatu aktifitas pembelajaranadalah bagaimana agar suatu pembelajaran dapat memberikan kontribusi yangmaksimal kepada pesrta didik terutama terhadap hasil pembelajaran PJOK di SMP N1 Krian Sidoarjo. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji kecerdasan intelektualdan kecerdasan emosi sebagai salah satu faktor penunjang keberhasilan dalamhasil belajar PJOK yang dimana didalamnya terdapat unsur penilaian kognitif,afektif, dan psikomotor dalam penilaian terhadap pesrta didik. Adanyakemungkinan peran kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi dalam prosespembelajaran mendorong peneliti untuk menghubungkan keduanya terhadap hasilbelajar PJOK SMP N 1 Krian Sidoarjo. Oleh karena itu peneliti ingin melakukanpenelitian.Tujuan. Mengetahui hubungan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosidalam hasil belajar PJOK SMP N 1 Krian Sidoarjo.Metode. Jenis dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yaitusuatu penelitian yang menghubungkan satu atau lebih variabel bebas dengan satuvariabel terikat. Jumlah responden sebanyak 100 sampel.Untuk data kecerdasan intelektual sudah pernah dilakukan pengambilan datasebelumnya, sedangkan untuk kecerdasan emosi pengambilan datanya menggunakanangket kecerdasan emosi. Dan data hasil belajar PJOK menggunakan hasil rapot. Hasil Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkanbahwa kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional mampu memberikan pengaruhyang signifikan terhadap prestasi belajar koefisien determinasi yang diperolehadalah 0,149, artinya (0,149 x 100%) = 14,9, sedangkan 85,1% ditentukan oleh faktor atau variabel lainyang tidak dikaji dalam penelitian ini seperti lingkungan belajar, sarana danprasarana, motivasi, dan guru yang kompeten dibidangnya. Harga sumbanganefektif dari kecerdasan intelektual (X1) adalah 7,5% dan kecerdasanemosional (X2) adalah 7,4%. Harga sumbangan relatif dari kecerdasanintelektual (X1) adalah 50,3% dan kecerdasan emosional (X2)adalah 49,7%.Simpulan.Kecerdasanintelektual (IQ) dan kecerdasn emosional (EQ) bersama-sama berpengaruhsignuifikan terhadap hasil belajar PJOK.Saran.Guruharus mampu memberikan program dan kegiatan pembelajaran untuk lebih memperluascara penilaian.Katakunci : Kecerdasan intelektual, emosi dan hasil belajarPJOK.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya