DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DEFANIA HASYYATI ROSYIDAH (STUDENT ID : 19030654071)
(LECTURER ID : 0028058002)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2023-09-01 01:21:50 
Abstract :
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilanyang dibutuhkan oleh siswa untuk menganalisis informasi hingga memecahkanpermasalahan dan membuat solusi. Pendekatan pembelajaran pada penelitianmenggunakan pendekatan socioscientificissues dimana pendekatan ini menyajikankegiatan pembelajaran yang relevan sehingga siswa dapat menerapkan pengetahuan sains ke dalam kehidupan sosial. Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa setelahditerapkan pembelajaran Socioscientific Issues. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deksriptif. Desain yang digunakanpadapenelitian pre experimental ini adalah OneGroup Pretest Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu 23 siswa kelas VIII B SMP Laboratorium YDWPUNESA. Instrumen yangdigunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasiketerlaksanaan pembelajaran, lembar tes keterampilan berpikir kritis, lembar angket motivasi belajar,serta lembar angket respons. Teknik analisis data pada lembar keterlaksanaanpembelajaran dan angket respon dihitung berdasarkan nilai modus, kemudian pada keterampilanberpikir kritis dan motivasi belajar menggunakan analisis uji t dan effect size. Hasil dari penelitian diperolehmodus keterlaksanaanpembelajaran mengalami peningkatan dengan kategorisangat baik. Keterampilan berpikir kritis dengan perhitungan uji-t keterampilan berpikirkritis dan motivasi belajar dihasilkan taraf signifikansi 0.000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal itu menunjukkan adanya perbedaan nilai yang signifikan antara nilai pretest dan posttest keterampilanberpikir kritis dan motivasi belajar. Adapun perhitungan effect size keterampilan berpikirkritis diperoleh nilai sebesar 3,924 dengan kategori sangat besar dan perhitungan effect size motivasi belajar diperoleh nilaisebesar 3,746 dengan kategori sangat besar yang menandakan bahwa pembelajaran socioscientific issue memberikan pengaruh yang efektif terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Adapun hasil respon peserta didik yang setuju terhadappembelajaran socioscientific issues yang menarik, mudah dipahami, dan bermanfaatbagi kehidupan sehari-hari. Hasil daripenelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswameningkat setelah diterapkan pembelajaran socioscientificissues. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Socioscientific Issues. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya