Abstract :
Riset ini memiliki tujuan guna menganaliRiset ini memiliki tujuan guna menganalisapengaruh media pembelajaran Powtoon, disiplin belajardan lingkunganbelajar padahasil belajar akuntansi keuangan secara parsial maupun simultan.Dalam riset ini memanfaatkanpendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 61 siswa.Teknik sampel yang dipergunakan ialah samplingjenuh. Data dikumpulan melaluikuesioner.Penganalisaan data dengan regresi linier berganda.Hasil riset menyimpulkan: (1) Adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar akuntansi keuangan dengan hasil t hitung= 3,184 > ttabel = 2,002. (2) Adanya pengaruh yang signifikandisiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan dengan hasil t hitung = 2,650 > ttabel= 2,002. (3) Adanya pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan dengan hasil t hitung= 3,136 > ttabel = 2,002. (4) Adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran Powtoon, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan secara simultan dengan hasil Fhitung> Ftabelyaitu 4,908 > 2,76sapengaruh media pembelajaran Powtoon, disiplin belajardan lingkunganbelajar padahasil belajar akuntansi keuangan secara parsial maupun simultan.Dalam riset ini memanfaatkanpendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 61 siswa.Teknik sampel yang dipergunakan ialah samplingjenuh. Data dikumpulan melaluikuesioner.Penganalisaan data dengan regresi linier berganda.Hasil riset menyimpulkan: (1) Adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar akuntansi keuangan dengan hasil t hitung= 3,184 > ttabel = 2,002. (2) Adanya pengaruh yang signifikandisiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan dengan hasil t hitung = 2,650 > ttabel= 2,002. (3) Adanya pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan dengan hasil t hitung= 3,136 > ttabel = 2,002. (4) Adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran Powtoon, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan secara simultan dengan hasil Fhitung> Ftabelyaitu 4,908 > 2,76