DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIAINTERAKTIF MATERI PENGENALAN SOFTWARE DAN HARDWARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Rafly Fajar Setiawan (STUDENT ID : 19010024035)
(LECTURER ID : 0019039403)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2023-09-01 01:19:49 
Abstract :
Matapelajaran informatika merupakan suatu mata pelajaran yang mempelajari seputardunia teknologi khususnya pada komputer. Mata pelajaran ini wajib untuk jenjangsekolah menengah kejuruan khususnya untuk jurusan Teknik Audio Video. Padaskripsi ini akan membahas mengenai materi software dan hardware yangmerupakan salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran informatika.Sesuai dengan studi awal dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMKNegeri 1 Sidoarjo maka diperoleh informasi bahwa masih banyak peserta didikmasih belum paham apa itu software dan hardware. hal inidikarenakan materi software dan hardware merupakan materi yangsangat banyak mengandung konsep-konsep yang tidak bisa hanya digambarkan dengangambar abstrak saja, serta media yang digunakan masih belum cukup untukmemfasilitasi peserta didik. Sehingga diperlukan pengembangan multimediainteraktif software dan hardware yang layak untuk digunakan dalamproses pembelajaran di kelas.Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif yang layakdan efektif digunakan pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Sidoarjo.Kelayakan media didapat dari review ahli materi, ahli desainpembelajaran, ahli media, dan uji coba produk. Sedangkan untuk menilaikeefektifan media didapat dari perbandingan hasil pre test dan posttest pada uji coba lapangan yang dihitung menggunakan rumus t-test.Penelitianini menggunakan model pengembangan DDD-E (Ivers dan Baron, 2002). Modelpengembangan ini menjabarkan kegiatan di setiap langkahnya, yakni terdiri dari decideyaitu merencanakan produk, menganalisis tujuan pembelaran, sasaran, dansumber daya yang ada. Design berisi rancangan dari produk yangdikembangkan seperti visual, audio, video, flowchart, dan storyboard. Laludevelop menerapkan semua komponen yang akan disajikan. Dan yangterakhir evaluate pada tahap ini dilakukan pada setiap tahapan mulaidari decide sampai develop tidak hanya diakhir saja. Hasilujicoba kelayakan multimedia interaktif kepada ahli materi didapat kategorisangat baik dengan presetase sebesar 100%, ahli desain pembelajaran didapatkategori sangat baik dengan presentase sebesar 97,5%, ahli media didapatkategori sangat baik dengan presentase sebesar 92,5%, uji coba produk didapat kategori sangat baik denganpresentase sebesar 91,5%. Kemudian berdasarkan perhitungan uji-t dengan dasarpengambilan keputusan tolak Ho jika sig. (2-tailed) 0,05 dan thitung >ttabel. Hasil data uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000. Maka dinyatakanbahwa sig. (2-tailed) 0,000 dari 0,05 dan nilai t hitung sebesar 24.574sedangkan t tabel sebesar 1.689 dengan taraf signifikasi 5% dan df = 35. Makadinyatakan bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan hasil belajar peserta didikantara sebelum dan sesudah diterapkan multimedia interaktif software danhardware pada pembelajaran.Kata kunci: Media, Multimedia interaktif, DDD-E,Informatika 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya