DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AFIYAH RAHDINA (STUDENT ID : 18030184088)
(LECTURER ID : 0002028201)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:50:08 
Abstract :
Perkembangan teknologi sangat bermanfaat dalam duniapendidikan. Salah satu dampak perkembangan teknologi untuk dunia pendidikanyaitu berkembangnya media pembelajaran. Media pembelajaran dibuat semenarikmungkin agar menambah minat peserta didik yang mempengaruhi hasil belajarnya.Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Quizizz sebagai alatevaluasi berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar fisika siswa kelas XImateri fluida statis menggunakan media Quizizz. Metode pada penelitian ini yaitueksperimen dengan desain Quasi-ExperimentalDesign. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 80 siswadari total populasi 308 siswa yang asalnya dari dua kelas XI MIPA. Sampelterbagi menjadi dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Pada kelas eksperimendengan perlakuan menggunakan media Quizizz(paperless-based test), sementara itu pada kelas kontrol diberi tes menggunakanlembar kertas (paper-based test). Instrumen pada penelitian ini yaitubutir-butir soal pilihan ganda. Sebelum diujikan kepada siswa, dilakukan ujivaliditas terhadap instrumen dan hasilnya valid. Menurut hasil penelitian yangtelah dilakukan selisih rata-rata pretestposttest kelas eksperimen dengan perlakuan Quizizz lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai 39,37sehingga dikategorikan sedang. Nilai signifikansi pada uji-t posttest kedua kelas mendapatkan nilai0,019 yang berarti ada perbedaan. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajarfisika kelas XI materi fluida statis menggunakan media Quizizz dilakukan uji n-gain. Diperoleh nilai signifikansi senilai0,008 berarti lebih kecil daripada 0.05 dan thitung lebih besardaripada ttabel oleh sebab sebab itu itu bisa dikatakan bahwasannyahasil uji hipotesis Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan mediaQuizizz materi fluida statis dapatmempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI. Sehingga Quizizz dapatdiaplikasikan sebagai salah satu pilihan alat evaluasi untuk mengukur kemampuansiswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizizz, Hasil Belajar 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya