DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODELPROBLEMBASED LEARNINGMATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Cindy Kusumawati (STUDENT ID : 14030174017)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:44:08 
Abstract :
Penelitianini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan siswa dalam menjawab soal HigherOrder Thinking Skills (HOTS). Hal ini ditunjukkan dari data hasil surveiTIMSS 2015 yang menyatakan bahwa Indonesia memperoleh peringkat 45 dari 50negara. Selanjutnya hasil survei PISA tahun 2015 menunjukkan kompetensimatematika yang diperoleh Indonesia yaitu sebesar 386 poin dari 600 poin dengan peringkat 64 dari 72 negara, olehkarena itu, dalam meningkatkan HOTS diperlukan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (Rahmawati,2016). Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses dan hasilpengembangan perangkat pembelajaran model ProblemBased Learning materi barisan dan deret untuk meningkatkan HOTS siswa SMA. Jenispenelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan modelpengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, faserealisasi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatanketerlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian, dan lembar angket respon siswa.Perangkat ini diuji cobakan secara terbatas pada 32 siswa kelas XI MIPA-3 diSMAN 1 Sidoarjo.Hasildari pengembangan perangkat ini yaitu perangkat pembelajaran dikategorikansangat baik (dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,30, kevalidanLKS sebesar 4,28, dan kevalidan LP sebesar 4,25 dari total 5,00), praktis(dengan rata-rata penilaian validator yaitu sedikit revisi dan keterlaksanaanpembelajaran dalam kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 3,71), danefektif (ketuntasan klasikal tercapai, Tes Hasil Belajar II lebih tinggi dariTes Hasil Belajar I, dan skor siswa pada soal HOTS nomor 1 pada THB II lebihtinggi dari skor nomor 1(b) pada THB I,dan respon positif siswa). Sehingga perangkat pembelajaran model ProblemBased Learning materi barisan dan deret dapat meningkatkan HOTS siswa SMA.Kata Kunci : PerangkatPembelajaran, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills,Barisan dan Deret. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya