DETAIL DOCUMENT
PERAN TUTOR DALAMMENGANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LBBPRIMANESA KECAMATAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Nurmalita Adzeng Pramessy (STUDENT ID : 17010034079)
(LECTURER ID : 0027077909)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-11-22 14:33:41 
Abstract :
Penelitian inidilatar belakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada aspekpendidikan. Tidak hanya pada pendidikan formal namun pendidikan non formal jugaberpengaruh. Akibatnya pergerakan lembaga bimbingan belajar menjadi terbatasdikarenakan terhimpit masa pandemi. Seluruh aspek pendidikan terdampakmengharuskan pembelajaran secara daring. Hal ini menyebabkan lembaga bimbinganbelajar dituntut untuk menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik dengankondisi yang berbeda dari sebelumnya agar tetap dapat mendampingi belajarpeserta didik selain di pendidikan formal. Tujuan dari penelitian ini ialahuntuk mengetahui dan memahami peran tutor LBB Primanesa dalam menganalisiskebutuhan belajar peserta didik di masa pandemi. Metode penelitian yangdigunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah wawancara berupa mengajukan daftar pertanyaan pada tutormelalui google form. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksidata, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukanyakni menjelaskan bahwa peran tutor LBB Primanesa dalam menganalisis kebutuhanbelajar peserta didik telah terlaksana dengan baik sehingga kebutuhan belajarpeserta didik dapat terpenuhi. Tutor melaksanakan perannya sebagai pengajar denganmenunjang pembelajaran jarak jauh ketika proses pembelajaran tutor menyediakanalat atau media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran peserta didik di masapandemi ini berupa modul online yang dilengkapi dengan aplikasi zoom meetingbeserta pen digital. Menjalankan perannya sebagai fasilitator dengan memberikanbimbingan kepada peserta didik sehingga peserta didik tidak menjadi tertekandan dapat mencapai keberhasilannya dalam belajar. Sebagai motivator, tutormembangkitkan minat peserta didik dengan cara ketika mengawali kegiatan belajarmemberikan penguatan berupa motivasi untuk peserta didik dan memberikansemangat kepada peserta didik, bahwa dengan pembelajaran daring selama pandemibukan menjadi halangan bagi mereka untuk terus belajar. Kata Kunci: peran tutor, analisis kebutuhan belajar, pandemi covid-19 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya