Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Moch. Fajar Rachman (STUDENT ID : 16030184082)
(LECTURER ID : 0020058701)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:43:28
Abstract :
Abstrak Inkuiri terbimbing merupakan salah satu modelpembelajaran yang kerap digunakan dalam penelitian penerapan model pembelajarandalam pembelajaran fisika. Penelitianini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajarandengan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap peningkatan kompetensidan keterampilan siswa dari penelitian-penelitian yang pernah dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan meta-analisis dengan tahapan: koleksi data, reduksi data,display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang dikumpulkan secara tidaklangsung terhadap objek yang sedang diteliti berupa 20 artikel jurnal nasional dan internasional. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah mengumpulkanjurnal, lalu memilih 20 jurnal yang memiliki desain penelitian yang sama,membuat visualisasi dalam software VOSviewer, dan menghitung effect size dari hasil-hasil penelitian tersebut. Topikdiskusi meta-analisis dalam penelitian ini adalah tentang meningkatkanketerampilan sains siswa, tingkat sekolah, materi pelajaran dan kemudian mediayang digunakan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran fisikamenggunakan model Guided Inquiry dapat meningkatkan kompetensi literasi sains,keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar yang diukur secara terpisah(efek sedang) dan secara bersamaan (efek lemah). Hasil lain menunjukkan bahwamodel Guided Inquiry direkomendasikan untuk siswa yang memiliki keterampilanberpikir tingkat tinggi, mengaplikasikan media pembelajaran yang riil, dandigunakan untuk konten materi dengan karakteristik investigasi. Kataikunci: Inkuiri Terbimbing, pembelajaran fisika, meta-analisis