DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PENGAPIAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 JABON SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
IRHAM BAYU PRASMADI (STUDENT ID : 14050524061)
(LECTURER ID : 0013096103)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:39:24 
Abstract :
Latar belakang dalam penelitian ini adalah belum tersedianya modul pembelajaran yang baik, diukur melalui tingkat kevalidan dan kepraktisan, selain itu metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dimana dalam penerapannya metode tersebut dianggap kurang mampu untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui validitas modul, (2) mengetahui respon siswa terhadap modul dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan kendaraan ringan pada kompetensi dasar memelihara sistem pengapian konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey dengan sepuluh tahap pengembangan. Penelitian dan pelaksanaan dilakukan di SMK Negeri 1 Jabon. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo dengan jumlah 34 siswa yang di bagi menjadi dua kelompok yakni 17 siswa menjadi kelompok eksperimen dan 17 siswa menjadi kelompok kontrol. Metode pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan system undian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur nilai kevalidan dan kepraktisan modul adalah menggunakan angket pada dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan siswa pengguna modul dengan skala Likert 4 serta dilakukan uji-t untuk mengetahui hasil belajar antara nilai rata-rata pre-test dan post-test.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) modul ini valid dengan penilaian dari ahli materi 76,13%, desain 76,60%, bahasa 84,72%. (2) Hasil respon siswa yaitu 83,08%. (3) Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol karena hasil t_hitung> t_tabel dengan taraf signifikan 0,05 (6,54>2,03). Hal ini berarti proses belajar mengajar dengan menggunakan modul lebih baik dan efektif dalam pembelajaranKata kunci: pengembangan modul, respon siswa, hasil belajar. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya