DETAIL DOCUMENT
Penerapan Laboratorium Virtual (PhET) berbasis STEM pada materi Hukum Newton untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SITI ICHLIYALATUL LAILA (STUDENT ID : 17030184085)
(LECTURER ID : 0002028201)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:46:57 
Abstract :
Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilanyang harus dikuasai di abad ke-21. Tujuan dari Penelitian ini untukmendeskripsikan kepraktisan penggunaan laboratorium virtual berbasis STEM dalampembelajaran jarak jauh (online) untuk melatih keterampilan pemecahan masalahdalam mata pelajaran Hukum Newton. Subjek penelitian ini ada tiga kelas yangberjumlah 102 siswa SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Desain penelitian yang digunakanyaitu eksperimental dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, angket, dantes (pre-test dan post-test). Untuk menganalisis data dilakukan beberapapengujian (uji homogenitas, uji normalitas, uji gain, uji t, dan uji efektivitas).Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari pre-test adalah 54,57dan nilai rata-rata post-test yaitu 81,13. Hal ini menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,38 dengan adanya rata-ratabesarnya gain test tergolong dalam kriteria sedang yaitu 0,58 atau 58%. Hasildari studi ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran berbasisonline selama pandemi covid-19. Singkatnya, penggunaan Laboratorium Virtualberbasis STEM (PhET) memiliki efek yang signifikan pada keterampilan memecahkanmasalah siswa. Laboratorium Virtual berbasis STEM cukup efektif untukmengajarkan Hukum Newton di platform pembelajaran online. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya