DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Siska Dewi Purbasari (STUDENT ID : 15030174007)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:39:00 
Abstract :
Kurikulum pendidikan di Indonesiamerupakan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk belajar mandiri. Dalambelajar mandiri siswa akan menentukan media belajar yang mendukungnya.Perkembangan media belajar semakin inovatif dengan adanya media berbasiskomputer seperti multimedia interaktif. Mengikuti perkembangan teknologi yangsemakin pesat pemerintah Indonesia menyediakan e-book (BSE) sebagai salah satu sumber belajar materi kubus danbalok. E-book yang disediakanmemiliki beberapa kekurangan sehingga dapat diperbarui dalam bentuk lain yangdapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar materi kubus dan balok. Perbaruantersebut dapat dilakukan dengan menggabungkan multimedia interaktif dengane-book, karena multimedia interaktif memiliki fitur-fitur tambahan sepertivideo, audio, dan animasi yang dapat membantu siswa belajar. Oleh karena itu,dikembangkan e-book interaktif materikubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP sebagai bentuk inovasi media belajardan e-book pemerintah (BSE). Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui proses pengembangan e-bookinteraktif dan menghasilkan sebuah e-bookinteraktif pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP dengankriteria valid, praktis, dan efektif. Model yang digunakan untuk melakukanpenelitian pengembangan ini adalah model Plomp. Subjek penelitian ini adalah 6 siswaSMP kelas VIII yang belum menerima materi kubus dan balok. Proses pengembangan e-bookinteraktif ini menggunakan model Plomp dengan rincian: (1) faseinvestigasi awal yang meliputi analisis kurikulum, analisis materi, dananalisis kebutuhan siswa. (2) Fase desain yang meliputi merancang isi,tampilan, dan instrumen. (3) Fase realisasi yang meliputi pengembangan isi,tampilan, dan instrumen. (4) Fase tes, evaluasi, dan revisi yang meliputipenilaian e-book interaktifoleh validator, revisi e-book interaktif,dan uji coba media kepada siswa. Hasil dari penelitian ini adalah e-book interaktif materi kubus dan balokuntuk siswa SMP kelas VIII. E-book interaktifyang dikembangkan merupakan e-book interaktifyang dikembangkan merupakan media yang baik, karena memenuhi kriteria valid,praktis, dan efektif. E-book interaktifyang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan nilai 2,94. Praktis dengannilai 83,85% yang ditunjukkan berdasarkan angket respon siswa. Efektif dengannilai 83,33% yang ditunjukkanberdasarkan nilai tes hasil belajar siswa. Katakunci : e-book interaktif, belajar mandiri, kubus dan balok 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya