Abstract :
Penerapanpola pikir dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher OrderThinking Skill) sangat diperlukan di SMK guna untuk daya saing di erapendidikan global abad 21. Dengan adanya kondisi tersebut menuntut pendidikuntuk mengembangkan instumen asesmen pembelajaran berbasis HOTS yang didukungdengan bantuan media guna untuk mempermudahkan kegiatan asesmen pembelajaran. Makadari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media asemen berbasisHOTS berbantuan aplikasi classpoint pada mata pelajaran layanan lembagakeuangan syariah di SMKN 2 kota Mojokerto. Pengembanganinstrumen asesmen pembelajaran ini dikembangkan dengan munggunakan modelpengembangan ADDIE yang meliputi tahap analyze, design, development,implementation, and evaluation. Subjek uji coba penelitian ini merupakankelas XII-Layanan Perbankan Syariah di SMKN 2 Kota Mojokerto. Instrumenpenelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan lembar validari ahli grafis,lembar telaah da validasi ahli evaluasi dan angket respon peserta didik. Hasildata di analisis secara kuantitatif dengan presentase. Berdasarkanhasil penelitian diperoleh hasil sebesar 91,60% dengan kategori penilaiansangat layak dari para ahli grafis dan ahli evaluasi. Hasil nilai yangdiperoleh oleh ahli grafis sebesar 89,75% dan ahli evaluasi sebesar 93,46%.Sedangkan persentase nilai yang diperoleh dari respon peserta didik terhadapmedia asesmen adalah sebesar 97,10% dengan kategori penilaian sangat layak.Menurut hasil uji coba terbatas mendapatkan respon yang baik dari peserta didikterhadap media asesmen berbantuan aplikasi classpoint dan mempermudahkanpeserta didik dalam kegiatan asesmen pembelajaran. Maka dari itu, media asesmenberbasis HOTS berbantuan aplikasi classpoint ini dapat dinyatakan layakdengan diperoleh hasil akhir dengan rata-rata persentase 61% . Kata Kunci: Higher OrderThinking Skill(HOTS), Aplikasi Classpoint, Layanan Lembaga Keuangan Syariah