DETAIL DOCUMENT
MODEL PROBLEM BASEDLEARNING TERINTEGRASIPENDIDIKAN LINGKUNGAN TERKAIT PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Risqilia Ramandani (STUDENT ID : 19030184017)
(LECTURER ID : 0017018901)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2023-09-01 01:23:32 
Abstract :
ABSTRAKMODEL PROBLEM BASEDLEARNING TERINTEGRASIPENDIDIKAN LINGKUNGAN TERKAIT PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Nama : Risqilia Ramandani Nim : 19030184017 Jurusan : Fisika Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Nurita Apridiana Lestari, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan kemampuanpemecahan masalah peserta didik kelas X SMA dengan penerapan modelproblem based learning terintegrasipendidikan lingkungan terkait perubahan iklim. Penelitian mengukur keterlaksanaan pembelajaran,kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan respon peserta didik. Jenispenelitian yang digunakan adalah trueexperiment dengan desain control group pretest and posttestdesign. Subjek penelitian ini adalah pesertadidik SMAN Kesamben Jombang, serta menggunakan dua kelas yaitu satu kelaseksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembarobservasi menggunakan skala guttman, lembar tes kemampuan pemecahan masalah,dan angket respon menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkanbahwa model problem based learning terintegrasipendidikan lingkungan terkait perubahan iklim terlaksana dengan sangat baik, terdapat perbedaankemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen dan kelaskontrol, didukung dengan nilai n-gainsebesar 0,4 berkategori sedang pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrolmemperoleh nilai n-gain sebesar 0,1berkategori rendah. Respon peserta didik didapatkan secara statistik yaitudengan rata-rata persentase kumulatif sebesar 78,97 %. Dapat disimpulkan bahwa model problembased learning terintegrasi pendidikan lingkungan terkaitperubahan iklim terlaksana dengan baikdan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, sertamemperoleh respon yang baik dari peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, PendidikanLingkungan, Model Problem Based Learning 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya