DETAIL DOCUMENT
STUDIMETA ANALISIS PROBLEM BASED LEARNING DALAMPEMBELAJARAN FISIKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RENY DWI ASTUTIK (STUDENT ID : 17030184060)
(LECTURER ID : 0020058701)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:47:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh problem based learning dalam pembelajaran fisika yangditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, hasil penelitian atau variabelrespon, materi, dan media yang digunakan. Metode penelitian ini menggunakanmeta analisis. Adapun alur penelitian meta analisis adalah menentukan topikpenelitian, menetapkan kriteria pemilihan data, mencari data, mengelompokkaninformasi data, kemudian menganalisis data dan menyimpulkan. Teknik pengumpulandata menggunakan data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu berupa 23artikel publikasi ilmiah. Teknik analisis data menggunakan besaran effectsize. Hasil meta analisis ini menyimpulkan bahwa penerapan problem basedlearning berpengaruh besar dalam pembelajaran fisika dengan nilai effectsize rata-rata sebesar 0,524. Penerapan problem based learning dalampembelajaran fisikaberpengaruh besar apabila diterapkanpada jenjang perguruan tinggi, menghasilkan output meningkatkankemampuan berpikir kreatif, menggunakan pokok bahasan cahaya, dan dibantu mediapembelajaran secara virtual berupa video based laboratory. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya