DETAIL DOCUMENT
Pengaruh E-commerce, Uang Saku, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MARTIKA SITI MUBAROKAH (STUDENT ID : 18080304040)
(LECTURER ID : 0030059501)
Subject
Ekonomika dan Bisnis 
Datestamp
2022-12-23 14:49:27 
Abstract :
Perilakukonsumtif identik terjadi pada mahasiswa karena ada kemampuan dan fasilitas untukberbelanja. Maksud dari dilakukannya penelitian adalah untuk menyelidikipengaruh e-commerce, uang saku, dan literasi keuangan terhadap perilakukonsumtif mahasiswa selama pandemi coronavirus. Populasi yang digunakanadalah mahasiswa aktif Universitas Negeri Surabaya prodi Pendidikan Akuntansiyang berjumlah 173 mahasiswa. Sebanyak 121 mahasiswa dijadikan sampel dengancara purposive sampling. Kuesioner digunakan sebagai instrumen dalam penelitian.Analisis data berupa Regresi Linier Berganda melalui aplikasi IBM SPSS Statistics25 for Windows. Hasil diperoleh menyatakan (1) variabel e-commerceberpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap perilaku konsumtifmahasiswa. (2) Variabel uang saku mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswasecara positif. (3) Literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikanterhadap perilaku konsumtif mahasiswa secara parsial. (4) Variabel e-commerce,uang saku, dan literasi keuangan secara simultan dan signifikan mempengaruhiperilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Akuntansi di masa pandemi virus coronasebanyak 72,7%. Sedangkan beberapa faktor lain diluar riset mempengaruhisebesar 27,3%. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya