Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Fajaria Meli Susanti (STUDENT ID : 19030184023)
(LECTURER ID : 0017018901)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2023-09-01 01:22:44
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikanketerlaksanaan, efektivitas,dan respon peserta didik terhadap implementasi pembelajaran fisika terintegrasi environmental learning terkaitperubahan iklim untuk meningkatkan kemampuanberpikir kreatif. Jenispenelitian ini menggunakan penelitian kuantitatifdengan true experiment control group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini dari kelas XI MIPA 2 dan kelasMIPA 3 SMAN 3 Jombang tahun ajaran 2022-2023 secara random sampling dengan XIMIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data hasilpenelitian diolah melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, uji prasyaratyang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas data, uji t-berpasangan, uji t-duapihak, uji t-satu pihak, uji n-gain, effect size, dan lembar angketrespon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1)Keterlaksanaan pembelajaran fisika terintegrasi environmental learningterkait perubahan iklim untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yaitu terlaksanadengan kategori sangat baik. (2) Terdapat perbedaankemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannyapembelajaran fisika terintegrasi environmental learning terkaitperubahan iklim secara signifikan, dengan kelas eksperimen mengalamipeningkatan lebih tinggi daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dari hasil analisisn-gain yaitu skor 0,62 pada kelas eksperimen dan 0,37 pada kelas kontrolyang menunjukkan pembelajaran fisika terintegrasi environmental learningefektif untuk diterapkan. (3) Respon peserta didik setelah diterapkanpembelajaran fisika terintegrasi environmental learning terkaitperubahan iklim memperoleh persentase kesuluruhan sebesar 87,69% dengankategori sangat baik.