Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ISNA'UL MASLAMAH (STUDENT ID : 18030184028)
(LECTURER ID : 0017018901)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:50:09
Abstract :
Abstrak ProblemBased Learning (PBL) dalam pembelajarannya menekankan peserta didik agar memecahkan masalah. Environment Learningmerupakan pembelajaran berkaitan dengan lingkungan. Penelitianini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Environment Learning dalam artianpenerapannya menggabungkan model pembalajaran yang didalamnyamengkaitkan materi dengan lingkungan. Adapun tujuannya yaitu mengetahuipeningkatan kemampuan peserta didikdalam pemecahan masalah. Pemikihan metode dalam penilitian ini menggunakanmetode quashi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest desaign.Prosedur yang digunakan yaitu dengan validasi instrument pembelajaran olehvalidator dan menganalisis data hasil penelitian menggunakan aplikasi SPSS.Kesimpulan penelitian ini diperoleh hasil bahwasannya kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalahdengan menerapkan modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Environment Learningmengalami peningkatan dibandingkan dengan menerapkan pembelajaran bermodel konvensional. Respon peserta didik juga positif dalampembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Environment Learningdikarenakan pembelajaranlebih menarik serta mudah dipahami daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional. KataKunci : ProblemBased Learning (PBL), Environment Learning, dan kemampuanpemecahan masalah