DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Project Based Learning pada MataPelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam Meningkatkan KeterampilanKolaborasi dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMKN 8 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Ersa Oktaviani (STUDENT ID : 19010024025)
(LECTURER ID : 0019039403)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2023-09-01 01:19:43 
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mengetahuibagaimana pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap keterampilan kolaborasi danmotivasi belajar peserta didik kelas XI di SMKN 8 Surabaya. Penelitianini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent ControlGroup Design. Partisipan penelitian terdiri dari peserta didik sejumlah 32 orang dikelompok eksperimen (XI DKV) dan 30 orang di kelompok kontrol (XI KC 1). Kelompokeksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model PjBL, sedangkankelompok kontrol menerima pembelajaran seperti biasanya menggunakan model direct instruction. Data keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar diperoleh melalui pretestdan posttest yang sebelumnya telah diuji validitasnya. Analisisdata dilakukan menggunakan Independent Samples t-test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 untuk keterampilan kolaborasidan 0,001 untuk motivasi belajar dimana lebih kecil dari nilai signifikasiyang ditetapkan (0,05). Hasil analisis menunjukkan adanyapengaruh signifikan penggunaan model PjBL pada mata pelajaran Produk Kreatif danKewirausahaan terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar peserta didik. Makadapat disimpulkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan motivasibelajar peserta didik kelas XI di SMKN 8 Surabaya. Kata kunci: project based learning,keterampilan kolaborasi, motivasi belajar 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya