DETAIL DOCUMENT
PengaruhCooperative Learning Tipe Think Pair And Share (Cl-Tps) TerhadapHasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
OBET KUSUMA WARDANA (STUDENT ID : 18030204047)
(LECTURER ID : 0006038005)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2023-09-01 01:15:14 
Abstract :
Penelitian inibertujuan untuk menguji pengaruh CooperativeLearning tipe Think Pair and Shareterhadap hasil belajar biologi siswa pada materi perubahan lingkungan. ModelPembelajaran CL-TPS ialah model pembelajaran yang terdiri dari gabungankelompok kecil dimana siswa diberikan waktu untuk berpikir dan meresponspertanyaan dan menumbuhkan sifat membantu satu sama lain dalam mengemukakanpendapat dan berinteraksi dengan teman sebaya yang berdampak terhadappeningkatan hasil belajarnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Mixed method sequential exploratory merupakanpenggabungan dari pendekatan kualitatifdilanjutkan dengan pendekatan kuantitatif secara terstruktur. Penelitian inidilakukan di SMA Al-Islam Shafta Surabaya dengan jumlah partisipan 21 siswapada kelas X MIPA 1. Instrumen yangdigunakan pada penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pre-test dan post-tes , lembarpengamatan dan angket respon. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakanmetode tes dan metode observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan n-gain score dan analisis deskriptif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai sesudah pembelajaranCL-TPS. Hal ini ditandai dengan perolehan n-gainsiswa sebesar 76,19% dengan kategori bagus dan ketuntasan belajar siswa sebesar86%. CL-TPS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan modelCL-TPS menjadikan siswa aktif dalam berfikir yang akan berdampak terhadap hasilbelajar siswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya