DETAIL DOCUMENT
Profile of Students Creative Thinking Skills and Implementation of Free Inquiryin Senior High School
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
PUTRI FAATEHAH (STUDENT ID : 18030184040)
(LECTURER ID : 0017018901)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:48:52 
Abstract :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berfikir kreatif siswa danimplementasi inquiry free di sekolah. Desain penelitian deskriptif digunakan dengan pendekatan kualitatif dan melibatkan 31 siswa SMA. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil wawancara, tes, dan angket yang diberikan kepada siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) instrument wawancara dengan guru (2) lembar soal tes yang berisi pertanyaan dengan indikator keterampilan berfikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration, serta (4) angket respon. Hasil penelitian menunjukkan enam siswa pada kategori sangat kreatif, empat siswa pada kategori kreatif, delapan siswa kategori cukup kreatif, enam siswa kategori kurang kreatif, dan tujuh siswa pada kategori tidak kreatif. Kemampuan berfikir kreatif setiap kategori yaitu kategori fluency sebesar 63%, kategori flexibility sebesar 48%, kategori origionality sebesar 45%, dan kategori elaboration sebesar 35%. Kesimpulan penilitian adalah model pembelajaran free inquiry dapat diterapkan di sekolah untuk membantu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa khususnya pada indi-kator elaborasi.Kata kunci: berfikir kreatif, free inquiry, gerak linier. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya