DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Yuni Sri Uminingsih (STUDENT ID : 15030184031)
(LECTURER ID : 0017018901)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:39:01 
Abstract :
ABSTRAKPenelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), untukmeningkatkan kemampuan berpikir kritis pesertadidik pada materi gerak harmonik sederhana, dan untuk mengetahui respon pesertadidik terhadap model pembelajaran guidedinquiry dengan pendekatan CTL padamateri gerak harmonik sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain pre-testand post-test design menggunakan tiga kelas eksperimen di SMAN 1 Krian. Jenis instrumen yang digunakan yaitu lembarketerlaksanaan, lembar tes, dan angket respon peserta didik. Data yangdiperoleh dianalisis menggunakan analisis lembar keterlaksanaan, ujit-berpasangan, n-gain, ANAVA, dan analisis angket respon. Hasil dalampenelitian ini menunjukan bahwa keterlakasanaan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL pada materi gerak harmonik sederhanaterlaksana dengan baik, dan penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatanCTL dapat meningkatkan masing-masingindikator kemampuan berpikir kritis yaitu terdapat pada nilai post-test dengan tarafsignifikasi 0,05 dengan rerata n-gain berada pada level peningkatankategori sedang serta konsisten pada ketiga kelas, penerapan model guidedinquiry dengan pendekatan CTL mendapatkan respon yang positif dengan kategori baik sekali darirata-rata ketiga kelas.Kata kunci : CTL, guided inquiry, kemampuan berpikir kritis. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya