DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL NHT DENGAN PENDEKATANKONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SISWA SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Anggi Silfianasari (STUDENT ID : 19010644008)
(LECTURER ID : 0029056506)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2023-09-01 01:19:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model Numbered HeadTogether (NHT) dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar operasihitung bilangan cacah siswa SD dan untuk mengetahui respon siswa setelahdiberikan perlakuan model NHT dengan pendekatan kontekstual. Penelitian inimenggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian dilaksanakan di SDN PanjangJiwo I/265 Surabaya dengan subjek kelas IV. Analisis instrumen menggunakan ujivaliditas dan reliabilitas, sedangkan analisis hasil yang digunakan yaitu ujinormalitas, uji homogenitas, uji t, uji n-gain, dan perhitungan angket responsiswa. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,961 > 2,009 dan angket respon siswa diperoleh hasil 96,92%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model NHTdengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa dan respon siswasangat positif. Kata Kunci : Model NHT, Pendekatan Kontekstual,Hasil Belajar.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya