DETAIL DOCUMENT
STRATEGI DIFERENSIASI DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN KEJURUAN (STUDI KASUS DI SMK N 5 BOJONEGORO)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
YANA DWI KURNIYA WATI (STUDENT ID : 17010714062)
(LECTURER ID : 0023115601)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:47:43 
Abstract :
Penelitian didasarkan pada hak setiap individu untuk memperolehpendidikan yang memengaruhi kemajuan berpikiryang diwujudkan dan dilakukan di sebuah tempat yang dinamakanlembaga pendidikan, di sini sekolah.Pelaksanaan pendidikan di sekolah pun mengalami perkembangan dan perubahan yang disebabkan banyak factor. Salah satunya modernisasi atau globalisasi danpersaingan. Dengan demikian, sekolahdihadapkan pada pilihan bertahan dan berkembang atau menyerah termakan oleh perkembangan itu sendiri. Untuk tetap bertahandan berkembang, salah satu solusinyaadalah digunakannya manajemenstrategi oleh sekolahyang akan membantu.Seperti penggunaan dan penerapan strategidiferensiasi atau strategi pembeda antara sekolah satu dengan sekolah lain.Berdasarpada hal tersebut, maka dilakukan penelitianterkait strategi diferensiasi dalam pengembangan lembagapendidikan kejuruan yang bertujuan untuk menjelaskan dasar pemilihanstrategi diferensiasi dalam pengembangan lembagapendidikan kejuruan, mengetahui proses manajemen strategiyang dilakukan berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada strategi diferensiasi dalam pengembangan lembagapendidikan kejuruan.Metode yangdigunakan dalam penelitian skripsi adalah metode penelitian diskripstif denngan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMK N 5 Bojonegoro. Untuk teknik analisisdata dilakukan dengan kondensasi data, penampilan data, serta penggambaran dan verifikasi.Hasilpenelitian skripsi yang dilakukan menunjukkan: 1) pemilihan strategi didasarkan beberapa hal, yakni penerimaan lulusan oleh Iduka (Industri dan duniakerja), overload jurusan jenuh, kesediaandan peluang tenaga kerja yang dibutuhkan Iduka, terkait kebijakan pemerintahtentang pemetaan lembaga pendidikan kejuruan,dan terkait diferensiasi yang digunakan sebagaiikon khas lembagapendidikan kejuruan; 2) tahap perencanaan strategi yang dilakukan denganpengembangan visi dan misi, penetapantujuan, identifikasi lingkungan internal daneksternal, pemilihan dan penetapan alternatif strategi dan strategikhusus; 3) tahap implementasi strategidilakukan dengan pengembangan budaya pendukung, penciptaan struktur organisasiyang efekif,dilakukannya pemasaran sekolah,pemanfaatan sistem informasi dan teknologi; 4) tahap evaluasi strategi yang dilakukan dengan peninjauanfactor internal dan eksternal secara komprehensif, pengukurankinerja denganevaluasi program, dan pengambilan tindakan korektif pada program yang terkendala atau tidak sesuai.Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Proses Manajemen Strategi,Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya