DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Buku Ajar IPA berbasis Strategi Metakognitif untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ROIHANA WALIYYUL (STUDENT ID : 16070855160)
(LECTURER ID : 9990363529)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:40:31 
Abstract :
ABSTRAK Mursyidah, Roihana Waliyyul. 2019. Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Strategi Metakognitif untuk Melatihkan Keterampilan BerpikirKritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program StudiPendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd,dan (II) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Kata Kunci: Buku Ajar, Strategi Metakognitif,Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif. Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar berbasis strategimetakognitif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa Sekolah Dasar. Materi yang dikembangkanadalah materi siklus air yang terdapat pada materi kelas V SD. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan mengacupada model 4D oleh Thiagarajan dengan tahapan, yaitu (1)pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Desain ujicoba menggunakan One Group Pre-Test Post-Test Design.Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptifkuantitatif. Instrumen yang digunakan di antaranya lembar validasi, lembarobservasi, lembar tes, dan kuesioner. Bukuajar yang dikembangkan dinyatakan valid ditinjau dari hasil validasi buku yangmemeroleh modus kategori kelayakan valid dan uji keterbacaan yang sesuai denganpembaca. Buku ajar yang dikembangkan juga dinyatakan sebagai buku ajar yangpraktis ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan RPP pertemuan ke-1 yangmemeroleh hasil 82%, pertemuan ke-2 90%, dan pertemuan ke-3 98,5% sertaditinjau dari aktivitas siswa yang memeroleh modus kategori baik pada pertemuanke-1 dan kategori sangat baik pada pertemuan ke-2 dan ke-3. Buku ajar yangdikembangkan juga dinyatakan efektif ditinjau dari keterampilan berpikir kritisserta kreatif siswa yang meningkat dari pre-test menuju post-test serta angketsiswa yang memeroleh hasil positif dengan modus nilai >70%. Berdasarkan pembahasan hasil dan temuan-temuan disimpulkanbahwa buku ajar IPA berbasis strategi metakognitif yang telah dikembangkan padamateri siklus air layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikirkritis dan kreatif siswa Sekolah Dasar.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya