DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MEMERIKSA KEMBALI PADA PEMECAHANMASALAH KONTEKSTUAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ACHIRUL ABADIN (STUDENT ID : 18030174068)
(LECTURER ID : 0018117405)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:49:55 
Abstract :
Memeriksa kembali merupakan kegiatan penting pada tahapan pemecahanmasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memeriksakembali siswa dalam pemecahan masalah kontekstual topik perbandingan. Subjekpenelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII SMP Negeri di Surabaya tahun pelajaran2021/2022. Instrumen penelitian ini berupa tes pemecahan masalah, dan pedomanwawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan melihat hasil tes danwawancara pada subjek yang mengacu pada 4 indikator memeriksa kembali, yaitu 1)memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh, 2) mencari cara penyelesaian lain,3) menggunakan metode untuk menyelesaikan masalahlain, 4) menggeneralisasi berbagai cara penyelesaian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan, pada memeriksa jawaban,semua siswa mampu memeriksa jawaban dengan baik dan benar. Pada indikatormencari jawaban menggunakan cara lain, terdapat 2 siswa yang belum mampumencari jawaban menggunakan cara lain. Lalu, pada penggunakan metode untuk menyelesaikanmasalah lain, semua siswa mampu menerapkan ke dalam permasalahan kontekstuallain. Sedangkan untuk menggeneralisasi atau menarik kesimpulan jawaban yangdiperoleh dari berbagai cara, semua siswa mampu membuat kesimpulan mengenaiberbagai penyelesaian yang digunakan dalam memecahkan masalah. Masih ditemukannya siswayang belum mampu menemukan cara lain untuk menyelesaikan masalah, maka padapembelajaran pemecahan masalah perlu dibiasakan menuntut siswa mengembangkancara lain dalam menyelesaikan masalah.Kata Kunci: Masalah kontekstual, Memeriksa Kembali, Pemecahan Masalah, Perbandingan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya