DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAUDARI SELF-CONFIDENCE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ANISA NUR AINI (STUDENT ID : 18030174061)
(LECTURER ID : 0009096107)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:50:13 
Abstract :
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuansiswa dalam menyampaikan ide matematika baik dalam tulisan maupun secara lisan.Kemampuan komunikasi matematis perlu ditumbuhkan dalam diri siswa agar dapatmenyampaikan ide dan pemikirannya terhadap suatu konsep tertentu. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMAdalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linear ditinjau dariself-confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiandeskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswadimana subjek diperoleh dari penyebaran angket self-confidence kepada 32orang siswa kelas XI IPA 5 pada salah satu SMA di Sidoarjo yang dipilihmasing-masing satu siswa dengan self-confidence tinggi, sedang, danrendah. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 butir soal tes esai materi program linear, angket self-confidence,dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikatorkemampuan komunikasi matematis melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasiswa dengan self-confidence tinggi mempunyai kemampuan komunikasimatematis yang tinggi dan mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasimatematis. Siswa dengan self-confidence sedang dan rendah memilikikemampuan komunikasi matematis sedang dan memenuhi dua indikator kemampuankomunikasi matematis. Siswa dengan self-confidence sedang hanya mampumemenuhi dua indikator yaitu Drawing dan Written Text, sedangkansiswa dengan self-confidence rendah memenuhi dua indikator yaitu MathematicalExpression dan Drawing. Oleh karena itu, guru diharapkan dapatmeningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan memperbanyak kegiatandiskusi bersama, presentasi, sesi tanya jawab antara guru dengan siswa dansiswa dengan siswa serta memberikan banyak latihan soal kepada siswa agar self-confidenceyang dimiliki siswa juga meningkat.Kata Kunci: Kemampuan KomunikasiMatematis, Self-Confidence, Program Linear.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya