DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X Di SMAN 1 Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MUNARTO (STUDENT ID : 16070996001)
(LECTURER ID : 0011026111)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:41:42 
Abstract :
ABSTRAK Munarto. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran CooperativeIntegrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Motivasi dan HasilBelajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X Di SMAN 1 Sidoarjo. Pembimbing 1. Prof Dr. Rusijono, M.Pd. dan II. Dr. Miftakul Jannah, M.Si,Psikolog. Kata-kata Kunci: model Cooperative Integrated Reading And Composition, Motivasi dan HasilBelajar, Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading andComposition terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran bahasa Inggris.Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasieksperimen untuk dapatmengetahuiadanya perubahan perilaku pada subyek penelitian yaitupada peserta Didik Kelas X di SMAN 1Sidoarjo. Desain yang digunakan adalah desain Non Randomized Pretest-PosttestComparison Group DesignHasil yang diperoleh sebagai berikut: rata-rata Testsubject Effect pengaruh hasil belajar peserta didik terhadap motode CIRC adalah 0,000 sehinga Ha diterima dan disimpulkan terdapat pengaruhmateri pembelajaran terhadap metode pembelajaran pada hasil belajar siswa tersebut sebesar 0,06%. Secara umum TerdapatPengaruh materi pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar namun pada multiplecomparisons materi writing-speakingCIRC menunjukkan 0,503 tidak terdapat pengaruh. Pada materi writing-reading CIRC membuktikan hasil0,000 menunjukkan ada pengaruh yang signifikan begitu juga ada pengaruh padamateri speaking-reading secarasignifikan. Pada materi pembelajaran terhadap metodepembelajaran pada Hasil menunjukkan 0,183 yang artinya tidak terdapat pengaruhHasil hasil belajar kelas X-IPA-1 dan X-IPA-2. Siswa yang memiliki motivasibelajar tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yangmemiliki motivasi belajar rendah 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya