DETAIL DOCUMENT
Pengembangan PerangkatPembelajaran Berbasis Sets (Science Environment Technology and Society) untukMelatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DEVY ALVIONITA (STUDENT ID : 18070795039)
(LECTURER ID : 8876160017)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:45:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasisSETS dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuanberpikir kritis peserta didik SMA pada materi fluida dinamis. Perangkat pembelajaranyang dikembangkan terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Buku Ajar Peserta Didik dan instrumen soaldengan menggunakan pendekatan SETS dengan model pembelajaran berbasis masalahyang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran olehpara ahli. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diuji coba IIyang menghasilkan beberapa hal yang diantaranya adalah keterlaksanaan pembelajaranpada kelas XI-A1,XI-A4 dan XI-A5 di SMAN 1 Cerme selama tiga kali pertemuanmenunjukkan hasil yang sangat baik dengan percentage of agreement sebesar 96,8%.Aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama hingga ketiga juga terlaksana sangat baikdengan percentage of agreement sebesar 96,3%. Hambatan atau kendala yang ditemukanselama proses pembelajaran berlangsung dapat dijadikan masukan dan acuan dalamkegiatan belajar mengajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatanSETS. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dilihat darikemampuan berpikir kritis peserta didik pada aspek pengetahuan yang memperoleh hasilmencapai 83,47% dengan nilai rata-rata 86,8. Keefektifan hasil belajar juga peserta didikdapat dilihat dari nilai gain ternormalisasi (N-gain) yang didapat sebesar 0,69 dengankategori sedang. Sedangkan respon peserta didik menunjukkan angka 95%, sehinggadapat diartikan bahwa peserta didik memberikan respon yang positif terhadappembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkanhasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis SETSyang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi fuidadinamis sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya