DETAIL DOCUMENT
PROFIL PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKADITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MARATUS SOLEHAH (STUDENT ID : 17030174046)
(LECTURER ID : 0011026010)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:47:14 
Abstract :
Penalarananalogi merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai siswaterkait kegiatan bernalar dengan berpikir secara cermat terhadap keteraturanpola yang terdapat pada matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhinyaadalah kemandirian belajar yang menunjukkan kemampuan siswa dalam menganalisis,mengambil strategi, dan kemampuan seseorang dalam memahami dan mengontrollingkungan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profilpenalaran analogi dalam memecahkan masalah siswa yang memiliki kemandirianbelajar rendah dan siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi. Metodepenelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknikpengumpulan data melalui pemberian tes pemecahan masalah analogi dan wawancaraserta dilakukan pengujian kevalidan data menggunakan triangulasi waktu. Subjekdipilih berdasarkan hasil instrumen nontes berupa angket mengenai kemandirianbelajar siswa dan instrumen tes kemampuan matematika. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) Penalaran analogi siswa dengan kemandirian belajarrendah: melewati tiga dari empat tahapan penalaran analogi yaitu penstrukturan,pemetaan, dan penerapan. Pada tahap penstrukturan, siswa menuliskan semuainformasi secara lengkap, namun tidak menjelaskan maksud soal dengan benar, danmenemukan hubungan antara soal sumber dan soal target. Pada tahap pemetaan,proses mapping dari masalah target ke masalah sumber terjadi dalam logikapikiran subjek. Pada tahap penerapan, siswa tidak menyelesaikan permasalahansecara optimal, tidak memberikan simpulan atas pekerjaannya. Sedangkan (2)Penalaran analogi siswa dengan kemandirian belajar tinggi: melewati keempattahapan penalaran analogi. Pada tahap penstrukturan, siswa memahami maksud soaldan menyebutkan semua informasi yang ada. Pada tahap pemetaan, siswa melakukanpengkodean karakteristik masalah target yang disederhanakan. Pada tahappenerapan, siswa menemukan semua solusi dengan benar beserta simpulannya. Danpada tahap verifikasi, siswa memberikan bukti terhadap solusi yang diberikan. Kata kunci : penalaran analogi, kemandirianbelajar, pemecahan masalah 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya