Abstract :
Dasar pengembangan mediayang dilakukan oleh peneliti berlatar belakang dari masalah kesulitan belajaryang dialami siswa pada mata pelajaran IPA materi kalor sub materi perpindahankalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar alternatifhingga mencapai kelayakan dengan kualifikasi valid dan praktis. Tingkatkevalidan ditentukan berdasarkan hasil pengukuran melalui uji validasi olehahli materi dan ahli media, sedangkan penentuan tingkat kepraktisan berdasarkanrespon pengguna media dilakukan melalui kuesioner guru dan siswa. Analisis datayang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisisdata secara kuantitatif dari uji validasi dan kuesioner pengguna menunjukkan persentase kevalidan materi sebesar 79,2%, kevalidan mediasebesar 89,6%, kuesioner guru sebesar 96,9% dan kuesioner siswa sebesar 94%. Berdasarkanhasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif berbasis HTML valid dan praktis digunakan dalampembelajaran materi perpindahahn kalor sesuai dengan saran dan kesulitan daripengguna.Kata Kunci: multimediainteraktif, HTML, kalor