Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Yola Maziatus Saffanah (STUDENT ID : 15020084025)
(LECTURER ID : 0025096703)
Subject
Bahasa dan Seni
Datestamp
2022-12-23 14:41:42
Abstract :
Menulis adalahketerampilan bahasa Inggris yang sering terasa sulit untuk dipelajari olehsiswa terutama bagi siswa yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.Para siswa biasanya menghadapi banyak masalah dalam mengeksplorasi ide-ide danmenemukan kata-kata yang tepat yang ingin mereka tulis. Dalam penelitian inipeneliti berfokus pada guru memberikan umpan balik kepada siswa dalam mengajarteks naratif ke kelas sepuluh Sains 2 dari MAN 1 Kota Mojokerto. Subjekpenelitian ini adalah guru. Ada 37 siswa, 11 laki-laki dan 26 perempuan XScience 2. Peneliti mengambil nilai ini karena salah satu keterampilan bahasayang harus dicapai adalah keterampilan menulis. Selanjutnya, menulis teksnaratif diajarkan di kelas ini. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah catatan lapangan observasi danwawancara.Berdasarkananalisis data, peneliti melakukan tiga pengamatan untuk mengumpulkan data.Pengamatan pertama, guru menjelaskan tentang teks naratif dan memeriksapemahaman siswa. Guru tidak memberikan umpan balik dari pertemuan ini. Dalampengamatan kedua dan ketiga umpan balik diberikan. Itu dilakukan secaraindividual. Umpan balik guru adalah cara yang cocok untuk mendorong siswakarena dapat memotivasi siswa untuk menulis lebih baik. Dalam penelitian iniguru mendapat kesulitan untuk memberikan umpan balik kepada siswa. Terutamadalam kosakata, tata bahasa dan tingkat siswa. Guru tidak mengajar ketikamenyampaikan umpan balik dengan proses penulisan (pra-menulis, menyusun,merevisi dan mengedit). Para siswa masih bingung untuk menggunakan kata-katayang tepat dan struktur dalam kalimat. Itu bisa dilihat dari hasil karya siswa.Dapat disimpulkan bahwa guru masih merasa kesulitan untuk memberikanumpan balik dalam menulis teks naratif. Meskipun beberapa kesulitan, guru dapatmemberikan umpan balik kepada siswa dengan benar dan siswa dapat menulis teksnaratif dengan lebih baik. Itu membuat mereka tahu dan lebih memahami carauntuk memperbaiki kesalahan mereka dalam menulis naratif dengan mudah.