DETAIL DOCUMENT
PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EFI MATA PELAJARAN PEMELIHARAANKELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 JABON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SATRIA WAHYU PINANDHITA (STUDENT ID : 19050524050)
(LECTURER ID : 0004049013)
Subject
Teknik 
Datestamp
2023-09-01 01:22:56 
Abstract :
Standar nasional pendidikan mengharuskansetiap jenjang pendidikan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuaidengan karakteristik dan kekhasan programnya. SMK sebagai salah satu bentukpendidikan formal pada jenjang pendidikan menengah memiliki program untukmenyiapkan peserta didiknya untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tuntutan inimengharuskan guru dan peserta didik beradaptasi dengan menciptakan suasana belajaryang memudahkan mencapai tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh, hasil belajar serta respon peserta didik dari penerapan PBL padamateri sistem EFI mata pelajaran PKKR kelas XI TKR SMKN 1 Jabon. Metodepenelitian menggunakan quasieksperimental design dengan desain Non-EquivalentControl Group Design. Subjek penelitian ini adalah XI TKR 1 sebagai kelaskontrol dan XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen. Kemudian untuk menganalisa datadigunakan uji normalitas, uji homogenitas dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik padaPre-Test untuk kelas kontrol 1590 dengan rata-rata 49,69 sedangkan pada saat Post-Test terdapat peningkatan skor berjumlah2420 dengan rata-rata 75,625. Selanjutnya untuk kelas eksperimen, pada saat Pre-Test mendapatkan skor berjumlah 1605 dengan rata-rata 50,16 dan pada saat Post-Test terdapat peningkatan skor berjumlah 2635dengan rata-rata 82,34. (2) ModelPBL berpengaruh secara signifikan, dibutikan melalui data yang diperoleh diujinormalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnovdan diuji homogenitas menggunakan uji Levene dengan hasil nilai signifikansisemua data > 0,05 sehingga data dinyatakan normal dan homogen. Kemudiandiuji hipotesis menggunakan independentsample t-test dengan hasil nilai signifikansi 0,001< 0,05 sehingga Hoditolak dan Ha diterima. (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model PBLmendapat rata-rata presentase 85,627% sehingga dapat dikategorikan padakategori sangat baik. Dari hasil tersebut,dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar padamateri sistem EFI mata pelajaran PKKR dibuktikan dengan hasil independent sample t-test, hasil belajarpada kelas eksperimen serta respon peserta didik terhadap penerapan model PBL. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya