DETAIL DOCUMENT
Media Pembelajaran: suatu Kajian Praktis tentang Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen di Kelas V SDN 306 Inpres Tombang
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Tanditasik, Agustina
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-04-06 13:14:25 
Abstract :
Skripsi ini berjudul Media Pembelajaran sub judul: Suatu Kajian Praktis Tentang Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen di kelas V SDN 306 Inpres Tombang. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan media dalam pembelajaran PAK di kelas V SDN 306 Inpres Tombang. Dengan demikian manfaat penelitian ini secara akademik sebagai masukan bagi STAKN, khususnya bagi para mahasiswa dan calon guru PAK tentang bagaimana cara mengatasi kelemahan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran PAK, hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber pembelajaran bagi para calon guru PAK dalam peran pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan PAK; Secara praktis mertupakan acuan praktis bagi guru PAK di SDN 306 Inpres Tombang, Kec. Rantetayo untuk mengupayakan pemakaian media belajar secara maksimal bagi siswa di sekolah demi peningkatan hasil belajar, dan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dan instansi pendidikan agar memiliki strategi atau pendekatan memaksimalkan peran media pembelajaran bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang PAK Penelitian ini merupakan variabel tunggal. Sedangkan jumlah sampel yang diteliti 22 orang yang diambil dari jumlah populasi sebanyak 145 siswa. Peneliti memberikan angket kepada responden yang kemudian diperiksa berdasarkan teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran kurang berperan maksimal pada PAK, hal ini dilandasi oleh beberapa hal antara lain: siswa tidak mudah memahami materi, tujuan belajar belum tercapai dengan baik, guru belum kreatif menggunakan media belajar, siswa kurang dilibatkan dalam penggunaan media belajar, mutu pembelajaran belum dapat ditingkatkan, media belum dapat membuat siswa merasakan pengalaman belajar yang positif, siswa kurang siap menggunakan media belajar, daya tangkap dan tanggap siswa kurang bagus, motivasi belajar rendah, siswa belum dapat meningkatkan kreativitas dengan baik, dan siswa belum dapat memaksimalkan keterampilan belajarnya 

Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA