DETAIL DOCUMENT
Media Pembelajaran: Tinjauan Teologis tentang Penggunaan Media Yang Efektif Dalani Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi Siswa Kelas IV SDN No. 233 Inpres Botang, di Kelurahan Botang, Kecamatan Makale
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Roni, Arni
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-04-10 09:49:32 
Abstract :
ARNI RONI, 2011, menyusun skripsi dengan judul ?MEDIA PEMBELAJARAN?, dengan sub judul Tinjauan Teologis Tentang Penggunaan Media Yang Efektif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa kelas IV SDN No 233 Inpres Botang, di Kelurahan Botang, Kecamatan Makale. Media pembelajaran adalah alat yang merupakan salah satu daya dukung guru untuk melakukan transformasi pembelajaran terhadap input (siswa yang belajar) untuk menghasilkan out put yang berkualitas. Secara ideal media pembelzyaran bukanlah tujuan tetapi alat/media untuk memperjelas apa yang diajarkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Atau dengan kata lain, media sebagai alat bantu untuk memperlancar komunikasi dalam pembelajaran. Namun secara praktis guru lebih banyak menggunakan strategi yang monoton, bahkan asal menggunakkan media. Guru PAK sebagai pemberita Firman Tuhan di sekolah harus senantiasa memberitakan Firman itu dengan media yang tepat sehingga siswa dapat memahaminya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yakni pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa salah satu media yang efektif digunakan pada proses belajar mengajar di SDN No 233 Inpres Botang adalah gambar karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Adapun peningkatan yang dimaksud di sini adalah peningkatan perolehan nilai harian siswa ketika mereka belajar dengan menggunakan gambar, yang mana nilai tersebut jika dirata-ratakan lebih tinggi daripada nilai rata-rata yang diperoleh siswa ketika mereka belajar dengan tidak menggunakan gambar. Hal tersebut terjadi karena dengan menggunakan gambar dalam proses belajar mengajar, siswa termotivasi untuk belajar, sehingga siswa lebih cepat memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Di akhir skripsi ini, penulis menyimpulkan bahwa gambar merupakan salah satu media yang efektif digunakan dalam proses belajar mengajar karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun tidak selamanya media gambar efektif digunakan dalam setiap pembelajaran. Pemilihan media hendaknya disesuaikan dengan materi pembelajaran. 

Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA