DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Media Serbaneka untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIIIA pada Mata Pelajaran PAK di UPT SMP Kristen Makale
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Bossen, Malino Asryanti
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 14:42:03 
Abstract :
Hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh data bahwa minat belajar siswa kelas VIII.A UPT SMP Kristen Makale masih rendah yaitu (37,5%). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui media serbaneka berbentuk papan buletin dan diorama pada pembelajaran PAK kelas VIII.A di UPT SMP Kristen Makale. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A UPT SMP Kristen Makale yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data persentase minat belajar siswa dari siklus I sebesar (87,5%) dan siklus II sebesar (90,625%). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media serbaneka berbentuk papan buletin dan diorama dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII.A pada pembelajaran PAK di UPT SMP Kristen Makale. Kata kunci : Media serbaneka, Papan buletin, Diorama, Minat belajar, PAK 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA