Abstract :
Sepriyanti Mangopo 2013, menyusun skripsi dengan judul ?Faktor-faktor yang /flempengaruhi siswa Lebih Aktif Mengikuti Kegiatan Kemasyarakatan dari pada Kegiatan leelajar di SDN.223 Inpres Kole Kab. Tana Toraja.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi siswa lebih aktif mengikuti kegiatan kemasyarakatan daripada belajar.
Penulis memulai dengan pentingnya pendidikan bagi setiap manusia secara khusus bagi mak-anak dan memaparkan hal-hal yang sehubungan dengan pendidikan salah satunya adalah edajar.Pentingnya belajar bagi anak-anak sangat berpengaruh untuk masa depan mereka tetapi einyataan yang terjadi anak-anak kurang termotivasi untuk belajar ke sekolah oleh karena dlanya kegiatan kemasyarakatan yang lebih menarik. Oleh karena itu, penulis menuliskan e:berapa asumsi-asumsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi siswa lebih aktif mengikuti e:giatan kemasyarakatan daripada kegiatan belajar, disusul metodologi penelitian yang leenguraikan bagaimana langkah-langkah dalam penelitian lalu memaparkan hasil dan diakhiri e;ngan kesimpulan dimana dapat dipaparkan secara singkat apa yang diperoleh dari penelitian lii.
Kalau pada awalnya ada asumsi-asumsi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi isswa lebih aktif mengikuti kegiatan kemasyarakatan daripada belajar namun setelah dilakukan emelitian maka asumsi-asumsi tersebut sebagian besar sangat mempengaruhi siswa lebih aktif leengikuti kegiatan kemasyarakatan daripada belajar yaitu faktor internal (dalam diri siswa) dan ilktor ekstemal (di luar diri siswa).