Abstract :
Amelda Bala Tondok (1020196854), menyusun skripsi dengan judul ?Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK Kelas VIII SMP Negeri 2 Buntu Pepasan?. Skripsi ini ditulis dibawa bimbingan Algu Sambi Pabangke, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Paulus Tangke, M.Pd sebagai pembimbing 2. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat pada siswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, kurang memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran, tidak berani, dan kurangnya kreativitas saat proses belajar-mengajar berlangsung, sehingga berdampak pada keaktifan belajar siswa pada prasiklus yaitu 86% yang belum memiliki keaktifan belajar .
Dalam penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian penulis adalah untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dimana pada siklus pertama indikator keberhasilan keaktifan belajar siswa yaitu 43% atau 6 siswa dan pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu 79% atau 11 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.