Abstract :
Lara Hensiana Sorreng. Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Minat Belajar PAK di Kelas X SMA Negeri 10 Tana Toraja (dibimbing oleh Algu Sambi Pabangke dan Setblon Tembang).
Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 10 Tana Toraja, terlihat siswa kurang memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran, tidak berpartisipasi dalam pembelajaran, memiliki rasa senang yang kurang dan tidak adanya perhatian terhadap pembelajaran saat proses belajar-mengajar, sehingga berdampak pada minat belajar siswa pada prasiklus yaitu 5% atau 1 siswa yang sudah memiliki minat belajar dan tidak mencapai indikator keberhasilan yaitu ? 80%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan penerapan metode problem solving dalam meningkatkan minat belajar PAK di SMA Negeri 10 Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dimana pada siklus pertama indikator keberhasilan minat belajar siswa yaitu 53% atau 10 siswa dan pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu 84% atau 16 siswa. Dengan penerapan metode problem solving dilakukan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode problem solving pada mata pelajara Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 10 Tana Toraja dapat meningkatkan minat belajar siswa.