DETAIL DOCUMENT
Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pokok Bahasan Kompetensi Inti Kelas X SMK Wiraswasta Makale
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Ma'dika, Yasti Arruan
Subject
LB2300 Higher Education 
Datestamp
2024-07-29 10:24:29 
Abstract :
YASTI ARRUAN MA?DIKA. 20103143 ?Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen melalui Penggunaan Model Kooperatif tipe Think P air Share (TPS) pada Pokok Bahasan Kompetensi Inti Siswa Kelas X SMK Wirawisata Makale?. Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama dalam melaksanakan pendidikan disekolah. Langkah guru dalam menetapkan metode yang tepat untuk menyampaikan materi di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas X SMK Wirawisata Makale belum memperoleh hasil yang sesuai dengan standar ketuntasn minimal (KKM). Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen melalui penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMK Wirawisata Makale. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen melalui penggunaan Model Kooparatif Tipe thinkpair share (TPS) di SMK Wirawisata Makale. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Wirawisata Makale yang berjumlah 7 siswa, alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, dan tes terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam I (satu) siklus dalam siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada siklus I dari data aktivitas belajar siswa yang mencapai nilai rata-rata 88,14 dengan kategori sangat baik dan tuntas, untuk hasil evaluasi mendapat nilai rata-rata 94,14 dengan kategori sangat baik dan tuntas. Dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan melihat ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model kooperatif tipe think pair share (TPS) sangat efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Wirawisata Makale. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen. 

Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA