Abstract :
Vemi Yanti, 2012. Menyusun skripsi dengan judul ?PENGARUH
PELAKSANAAN SUPERVISI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
JENJANG MENENGAH TERHADAP PENINGKATAN
PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI
LINGKUP KECAMATAN MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA?.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
supervisi guru pendidikan agama kristen jenjang menengah dalam
meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama kristen di Lingkup
Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Supervisi merupakan pengawasan, pembimbingan, koreksi, pembinaan yang dilakukan oleh seorang pimpinan kepada bawahannya demi sebuah
perbaikan. Sedangkan profesionalisme yaitu mutu, kualitas, keahlian dan
keterampilan yang di miliki seseorang dalam melaksanakan tugasnya sejalan
dengan tuntutan profesinya.
Hipotesis alternatif (Hi) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
pelaksanaan supervisi terhadap peningkatan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Selanjutnya hipotesis nihil (Hq) adalah pelaksanaan Supervisi tidak memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap peningkatan profesionalisme Guru PAK di Lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Variabel bebas (independen) dalam penelitian ini adalah supervisi guru PAK dan variabel terikat (dependen) adalah profesionalisme guru PAK.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru agama kristen jenjang menengah
(SMP, SMA/SMK) di Lingkup Kecamatan Makale yang seluruhnya berjumlah
22 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Jumlah sampel adalah 22 orang guru. Dalam pengumpulan data digunakan metode angket (questioner)9 yang dibagikan kepada responden untuk diisi dan kemudian dianalisis dengan rumus korelasi product moment dari pearson. Berdasarkan hasil penelitian lapangan bagi guru-guru PAK di lingkup
Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja dapat disimpulkan bahwa supervisi guru PAK (X) memiliki kaitan erat (signifikan) dengan profesionalisme guru PAK (Y). Dalam variabel X tersebut secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap profesionalisme guru PAK sehingga semakin baik proses supervisi bagi guru-guru PAK maka semakin baik pula kinerja guru PAK. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa supervisi guru PAK memiliki pengaruh yang sangat positif terhadap peningkatan profesionalisme guru PAK jenjang menengah di lingkup Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja.