DETAIL DOCUMENT
Kajian Kritis terhadap Pendidikan Agama Kristen dalam Perspektif Pendidikan Hadap Masalah Paulo Freire
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Upa', Afherius
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2024-07-29 10:16:04 
Abstract :
Upa?, Afnerius. 2021. Kajian Kritis Terhadap Pendidikan Agama Kristen dalam Perspektif Pendidikan Hadap Masalah Paulo Freire. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Kristen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Toraja. Pembimbing (I) Bapak Dr. Abraham Sere Tanggulungan M.Si, (II) Bapak Dr. Setrianto Tarrapa? M.Pd.K. Kata Kunci: PAK, Pendidikan Hadap Masalah, Paulo Freire Kompleksitas permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar maupun lingkungan secara universal menuntut dunia pendidikan untuk menghadirkan pendidikan yang membawa transformasi bagi kehidupan sosial masyarakat. Sebagai tokoh pendidikan Freire mencoba menghadirkan konsep pendidikan hadap masalah sebagai sebuah model pendidikan pembebasan. Pendidikan hadap masalah ini menuntut kesadaran kritis untuk menanggapi isu-isu faktual yang terjadi. PAK yang hadir di tengah masyarakat tidak dapat terpisahkan dari kompleksitas permasalahan tersebut, sehingga PAK juga memiliki tugas untuk ikut serta dalam transformasi sosial dengan menanggapi isu-isu yang terjadi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pemikiran Paulo Freire tentang konsep pendidikan hadap masalah yang digagasnya, yang kemudian menganalisis relevansinya terhadap Pendidikan Agama Kristen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model penelitian kualitatif bibliografis, dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Motode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumen dan studi kepustakaan yaitu menelusuri literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; a) pendidikan bagi Freire seyogyanya membangkitkan kesadaran kritis manusia. Melalui pendidikan hadap masalah, pendidikan hendaknya mampu membawa perubahan bagi kehidupan sosial masyarakat; b) pemikiran Freire tersebut relevan untuk diterapkan dalam Pendidikan Agama Kristen, dengan melihat tujuan, relasi pendidik dan peserta didik, kurikulum dan metode. 

Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA