Abstract :
Penelitian Ini dilatarbelakangi oleh kondisi di lapangan dimana siswa kurang berminat dalam pembelajaran PAK karena guru hanya menjelaskan materi dan hanya menggunakan media papan tulis tanpa media lain yang lebih menarik minat belajar siswa, terutama media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi media gambar dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 UPT SDN 8 Mengkendek. Media gambar merupakan salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan jumlah siswa 20 Orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I Pertemuan pertama minat belajar siswa hanya mencapai pada kriteria cukup yaitu 65% sedangkan dalam siklus I pertemuan 2 minat belajar hanya mencapai pada kriteria cukup yaitu 71%, pada pelaksanaan siklus I belum mencapai nilai yang maksimal. Kemudian pada pelaksanaan siklus II minat belajar siswa meningkat pada kriteria baik yaitu 81%. Dengan demikian disimpulkan melalui penerapan media gambar, dapat meningkatkan minat belajar siswa di UPT SDN 8 Mengkendek.