DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pelajaran PAK Kelas VIII SMPN 2 Buntu Pepasan
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Tondok, Amelda Bala
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 09:23:50 
Abstract :
Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan yaitu kurangnya keaktifan belajar siswa dikarenakan model yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kurang kreatif, sehingga menyebabkan siswa tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, tidak adanya ketertarikan pada pembelajaran, kurangnya pemusatan perhatian pada penjelasan guru dan berdampak pada pengetahuan yang dimiliki siswa. Dalam penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian penulis adalah untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dimana pada siklus pertama indikator keberhasilan keaktifan belajar siswa yaitu 43% atau 6 siswa dan pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu 79% atau 11 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 2 Buntu Pepasan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA