Abstract :
Berdasarkan latar belakang masalah bahwa keaktifan belajar siswa pada SMK Andika Mebali sangat kurang dikarenakan metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga menyebabkan siswa-siswi merasa bosan, tidak aktif, melakukan aktivitas lain seperti bermain game, bercerita dengan teman-temannya serta tidak fokus mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode role playing dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas X di SMK Andika Mebali.
Metode Penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kepustakaan.
Hasil penelitian menujukkan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui indikator keaktifan belajar siswa yaitu aktif bertanya, mengerjakan tuganya sesuai dengan instruksi dari guru, berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar, mampu menyelesaikan masalah yang ada, dan menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran. Pada siklus I keaktifan siswa 55 %, dan pada siklus II keaktifan belajar siswa 85 %. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II 30 %.
Kata kunci: Metode, Role Playing, Keaktifan